PENGEMBANGAN MODUL “ BERAKSI” MATERI BENTUK INTERAKSI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 NANGSRI

Airiza, Frida Rosy (2024) PENGEMBANGAN MODUL “ BERAKSI” MATERI BENTUK INTERAKSI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 NANGSRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI FULL_FRIDA ROSY AIRIZA_19108241061.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan modul merupakan salah satu pendekatan pembelajaran mandiri yang fokus pada penguasaan materi sesuai dengan kondisi dan potensi setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran “Beraksi” materi bentuk interaksi manusia yang layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Nangsri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model Four-D (4-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Tahapan pada penelitian ini melalui 3 langkah, yaitu: 1) define, 2) design, dan 3) development. Subjek uji coba yaitu 21 siswa kelas V SD Negeri 2 Nangsri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan wawancara. Uji konsistensi butir menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson dan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa SD Negeri 2 Nangsri, terbukti dengan hasil validasi ahli materi memperoleh hasil 98,9% yang termasuk kategori sangat layak, dan hasil validasi ahli media memperoleh hasil 85,9% yang termasuk kategori “sangat layak”. Hasil uji coba pada respon guru memperoleh hasil sebesar 93,5% yang termasuk kategori “sangat layak” dan hasil uji coba pada siswa memperoleh hasil 96,6% yang termasuk kategori “sangat layak”. Kata kunci: modul, bentuk interaksi manusia, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:38
Last Modified: 15 Jan 2024 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80087

Actions (login required)

View Item View Item