PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN COGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION PADA KELAS IV SDN MENAYU 2

LAILI, ISNA NURUL (2024) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN COGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION PADA KELAS IV SDN MENAYU 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi_Isna Nurul Laili_19108241138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN Menayu 2 pada pembelajaran sifat-sifat bangun datar melalui penerapan pendekatan Cognitively Guided Instruction (CGI). Pendekatan CGI memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep sendiri dalam pembelajaran serta pembelajarannya berpusat pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menayu 2 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal pemahaman konsep sifat-sifat bangun datar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah apabila ≥ 75 % dari jumlah siswa telah mencapai KKM yang ditentukan ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Cognitively Guided Instruction (CGI) dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun datar siswa kelas IV SDN Menayu 2. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep siklus I nilai rata-rata 75,04 dengan ketuntasan hasil tes pemahaman konsep meningkat dari 17,39% menjadi 65,22% dan pada siklus II nilai rata-rata 83,21 dengan ketuntasan hasil tes pemahaman konsep meningkat kembali menjadi 86,96%. Keberhasilan pendekatan CGI dalam meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun datar dikarenakan dilakukan dengan diawali masalah kontekstual, menggunakan benda konkret, adanya kegiatan diskusi kelompok, kegiatan presentasi dan menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Pendekatan Cognitively Guided Instruction, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:49
Last Modified: 15 Jan 2024 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80078

Actions (login required)

View Item View Item