PENGARUH PENGGUNAAN PLATFROM GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BUTUH, KULON PROGO YOGYAKARTA

CAHYATI, DINI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN PLATFROM GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BUTUH, KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_DINI CAHYATI_19108241058..pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan platfrom google classroom terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Butuh, Kulon Progo, Yogyakarta. Google Classroom merupakan sebuah platfrom yang didirikan oleh google sebagai sarana media pembelajaran yang cukup mudah untuk digunakan. “Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan quasi-eksperimental. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Butuh. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Butuh yang berjumlah 57 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Butuh sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri Butuh 1 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan tes berupa pilihan ganda materi penyajian data”. “Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan platform google classroom terhadap hasil belajar matematika pada kelas eksperimen. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan data posttest yang memiliki nilai mean = 79,73, nilai minimum = 56,00, nilai maximum = 96,00. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup baik dengan diketahui sebanyak 20 dari 30 siswa (66,67%) yang mencapai atau melebihi nilai KKM = 75 yaitu mendapatkan nilai 76 (3 siswa), 80 (4 siswa), 84 (5 siswa), 88 (2 siswa), dan 96 (6 siswa). Perhitungan independent sample t test pada menunjukkan nilai t hitung pada Equal variances assumed = 4,924 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian t tabel dengan signifikansi 0,05 dan df = 58 diketahui t tabel 0,0025 : 58 didapatkan 2,001, maka t hitung > t tabel yaitu 4,924 > 2,001”. Kata Kunci : Google Classroom, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:44
Last Modified: 15 Jan 2024 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80047

Actions (login required)

View Item View Item