PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Aprilia Hapsari, Galuh Candra (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI FIX BGT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Mnemonic terhadap pemahaman konsep pengukuran siswa kelas III SD Muhammadiyah Pandes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental. populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Pandes yang berjumlah 53 siswa. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pre-test dan post-test pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Mnemonic terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas III SD Muhammadiyah Pandes. Langkah-langkah penerapan model Mnemonic pada penelitian ini yaitu: 1) mempersiapkan materi, 2) mengembangkan hubungan-hubungan, 3) memperluas gambaran sensorik, 4) mengingat kembali. Keadaan awal hasil uji t-test pada pre-test pemahaman konsep matematis siswa sebelum menggunakan model mnemonic memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,687, lebih besar dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 yang menunjukkan tidak ada perbedaaan yang signifikan. Setelah menerapkan model Mnemonic hasil uji t-test pada kegiatan post-test memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Mnemonic terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas III SD Muhamadiyah Pandes. Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, model pembelajaran Mnemonic, dan pengaruh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:25
Last Modified: 15 Jan 2024 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80041

Actions (login required)

View Item View Item