PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DI SDN KEJAMBON 2 NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN

Wuryandari, Indriana Trisoma (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DI SDN KEJAMBON 2 NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI INDRIANA TRISOMA WURYANDARI_19108244067_PGSD19.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS khususnya pada materi Indahnya Keragaman Negeriku melalui model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada kelas IV SDN Kejambon 2 Ngemplak Kabupaten Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kejambon 2 Ngemplak Kabupaten Sleman yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskiptif kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah apabila ≥ 75% dari jumlah siswa telah mencapai KKM yang ditentukan ≥ 68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kejambon 2 Ngemplak Kabupaten Sleman. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 11 siswa atau dengan persentase 39%, siklus I siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 17 siswa atau dengan persentase 61%, pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa atau dengan persentase 89% siswa kelas IV tuntas belajar. Secara proses, menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terlihat dari siswa lebih aktif, percaya diri, dan mengedepankan kerjasama dalam melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Kata kunci: Hasil belajar IPS, Value Clarification Technique (VCT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:41
Last Modified: 11 Jan 2024 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80005

Actions (login required)

View Item View Item