PENANAMAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMBATIK DI SD NEGERI SIDOTENTREM I BANGILAN KABUPATEN TUBAN JAWA TIMUR

Lestari, Willy Dwi (2024) PENANAMAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMBATIK DI SD NEGERI SIDOTENTREM I BANGILAN KABUPATEN TUBAN JAWA TIMUR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Willy Dwi Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter cinta tanah air dalam kegiatan ekstrakurikuler membatik di SD Negeri Sidotentrem I Bangilan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakter cinta tanah air yang mulai luntur di kalangan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu deksriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pengampu ekstrakurikuler membatik, guru kelas V dan VI, dan siswa yang terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler membatik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan komponen analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter cinta tanah air dalam kegiatan ekstrakurikuler membatik dilakukan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan melalui penetapan tujuan ekstrakurikuler membatik, analisis kebutuhan, dan pengembangan sumber daya. Pelaksanaan dilakukan dimulai dari tahap pendaftaran sampai pada pelaksanaan yang termuat dalam tiga komponen yakni moral knowing, moral feeling, dan moral action. Proses penanaman karakter cinta tanah air dilakukan melalui pengenalan motif batik yang menghasilkan nilai-nilai cinta tanah air pada siswa yaitu nilai kerja sama, percaya diri, dan kreatif dalam menuangkan ide melalui karya batik tersebut. Dampak ekstrakurikuler membatik ditunjukkan dengan bertambahnya sikap dan perilaku siswa dalam melestarikan budaya Indonesia, tumbuh perasaan senang dan bangga pada siswa terhadap seni batik, serta tumbuh kepedulian siswa terhadap seni batik. Belum adanya evaluasi khusus yang dilakukan oleh sekolah terkait ekstrakurikuler membatik, namun ditemukan beberapa hambatan dan solusi pada ekstrakurikuler membatik. Kata Kunci: penanaman karakter cinta tanah air, ekstrakurikuler membatik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:51
Last Modified: 09 Jan 2024 04:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79963

Actions (login required)

View Item View Item