PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

RIZKIA ANGGITA, SARI (2012) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1-084121440.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1-084121440.pdf

Download (27MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-084121440.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-084121440.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-084121440.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusahaan dalam mengembangkan diri harus tetap memperhatikan aspek sosial (people) dan lingkungan (planet) di samping aspek ekonomi (profit). Perbedaan karakteristik tiap perusahaan menyebabkan tanggung jawab sosial perusahaan berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility Disclosure). Corporate Social Responsibility Disclosure terbagi dalam indikator kinerja ekonomi, lingkungan dan sosial berdasarkan 79 item Global Reporting Initiative Versi 3.0. Penelitianpenelitian sebelumnya belum dapat menunjukkan hasil yang konsisten. Penelitian ini berusaha menguji kembali pengaruh karakteristik perusahaan sebagai variabel independen dengan menggunakan variabel tipe industri (profile), ukuran perusahaan (size), profitabilitas, leverage dan pertumbuhan perusahaan (growth) terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun pengamatan 2008-2010. Berdasarkan kriteria pengambilan sampel, diperoleh sebanyak 48 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dengan menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan (annual report) dan laporan keuangan (financial report) perusahaan manufaktur yang telah dipublikasikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tipe industri (profile), ukuran perusahaan (size) dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure, sedangkan variabel leverage dan pertumbuhan perusahaan (growth) tidak berhasil menunjukkan pengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility Disclosure, profile, size, profitabilitas, leverage, growth

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility Disclosure, profile, size, profitabilitas, leverage, growth
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Nov 2012 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7996

Actions (login required)

View Item View Item