PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS II SD NEGERI SENDOWO 2 GUNUNGKIDUL

Nuraini, Vicky Annisa (2024) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS II SD NEGERI SENDOWO 2 GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Vicky Annisa Nuraini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan proses pembelajaran dan hasil proses pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada siswa kelas II SD Negeri Sendowo 2 Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif model Kemmis dan Mc Taggart, dengan subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri Sendowo 2 yang berjumlah 9 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, instrumen tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian yaitu minimum 75% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal KKM) yaitu 76 dan aktivitas guru dan siswa lebih dari 85% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan pada keberhasilan langkah model kooperatif tipe scramble yang dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia menempuh beberapa langkah-langkah yaitu, guru menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, guru menyampaikan materi, guru mengorganisir siswa ke dalam kelompok untuk menyelesaikan lembar kerja siswa dengan berlatih menyelesaikan soal menggunakan scramble, guru membimbing kelompok, guru melakukan evaluasi, guru memberikan penghargaan, dan guru bersama siswa melakukan refleksi. Peningkatan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase keberhasilan siswa. Nilai rata-rata kelas pada pra tindakan sebesar 65,56 dengan persentase keberhasilan 33,33%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 77,22 dengan persentase keberhasilan 66,67%. Nilai rata-rat pada siklus II sebesar 83,33 dengan persentase keberhasilan 88,89%. Kata Kunci: hasil pembelajaran Bahasa Indonesia, model pembelajaran kooperatif tipe scramble

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:50
Last Modified: 09 Jan 2024 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79953

Actions (login required)

View Item View Item