UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V DI SD NEGERI KALIURANG 1

Novichasari, Adellia Ayu (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V DI SD NEGERI KALIURANG 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Adellia Ayu Novichasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi sejarah kemerdekaan Indonesia menggunakan metode pembelajaran problem solving pada siswa kelas V SD Negeri Kaliurang 1 Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kaliurang 1 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis and Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi sejarah kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Kaliurang 1. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil evaluasi tiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Pada pra tindakan, siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 5 siswa (33%) dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 10 siswa (67%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67. Pada siklus I, siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 9 siswa (60%) dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 6 siswa (40%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 75. Pada siklus II, siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 12 siswa (80%) dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 3 siswa (20%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81. Jadi, metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi sejarah kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SD Negeri Kaliurang 1. Kata Kunci: hasil belajar IPS, metode pembelajaran problem solving, sejarah kemerdekaan Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:25
Last Modified: 09 Jan 2024 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79950

Actions (login required)

View Item View Item