PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MONTESSORI BERBANTUAN MEDIA MOVABLE ALPHABET SISWA KELAS I SDN GONDOWANGI I MAGELANG

Kinasih, Amalia Dwi (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MONTESSORI BERBANTUAN MEDIA MOVABLE ALPHABET SISWA KELAS I SDN GONDOWANGI I MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Amalia Dwi Kinasih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui metode Montessori berbantuan media movable alphabet, dan (2) meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui metode Montessori berbantuan media movable alphabet siswa kelas I SDN Gondowangi I Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Gondowangi I berjumlah 16 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi yang berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Gondowangi I meningkat dengan metode Montessori berbantuan media movable alphabet melalui tiga tahap yaitu tahap pengenalan identitas, tahap perbedaan, dan tahap pengulangan. Peningkatan keterampilan membaca permulaan ditunjukkan melalui hasil tes membaca pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,3 dengan rincian 11 siswa tuntas sedangkan 5 siswa belum tuntas. Hasil siklus II menunjukkan tes keterampilan membaca mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 80,6 dengan rincian 14 siswa tuntas dan 2 siswa belum tuntas. Ketuntasan keterampilan membaca permulaan siswa pada siklus I mencapai persentase 68,75% dan meningkat 18,75% pada siklus II menjadi 87,5%. Kata kunci: membaca permulaan, metode Montessori, media movable alphabet

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2024 09:02
Last Modified: 09 Jan 2024 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79944

Actions (login required)

View Item View Item