PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN BACAAN ANAK PADA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KULON PROGO KAPANEWON TEMON

Fauziyah, Friska (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN BACAAN ANAK PADA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KULON PROGO KAPANEWON TEMON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Friska Fauziyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan bacaan anak pada kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kulon Progo Kapanewon Temon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkolaborasi bersama guru dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA MIN 1 Kulon Progo berjumlah 29 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bacaan anak dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan siswa lebih antusias mengikuti kegiatan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan bacaan anak. Siswa terampil dan menguasai aspek pemahaman literal, aspek reorganisasi, aspek pemahaman inferensial, aspek evaluasi, dan aspek apresiasi dalam keterampilan membaca pemahaman dengan optimal. Peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman menggunakan bacaan anak ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil tes membaca pemahaman siswa. Pada pratindakan sebanyak 9 (31,03%) siswa mencapai ketuntasan hasil tes, kemudian pada siklus I meningkat menjadi sebanyak 17 (58,62%) siswa mencapai ketuntasan hasil tes dan meningkat pada siklus II menjadi sebanyak 24 (82,76%) siswa mencapai ketuntasan hasil tes. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, bacaan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:46
Last Modified: 08 Jan 2024 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79943

Actions (login required)

View Item View Item