PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DI KELAS 5 SD NEGERI GUNUNGSAREN

Hidayat, Muhammad Taufik (2024) PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DI KELAS 5 SD NEGERI GUNUNGSAREN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Muhammad Taufik Hidayat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter mandiri di kelas 5 SD Negeri Gunungsaren. Penelitian tersebut dilakukan karena nilai karakter mandiri diduga telah dilaksanakan oleh siswa SD Negeri Gunungsaren, terutama di kelas 5. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gunungsaren yang terletak di Gunungsaren Lor, Trimurti, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 5, dan siswa kelas 5 SD Negeri Gunungsaren. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles, Huberman, & Saldana (2014) yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter mandiri di kelas 5 SD Negeri Gunungsaren dapat dilihat dari aspek pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah. Aspek pengembangan diri meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Aspek pengintegrasian dalam mata pelajaran meliputi mengintegrasikan nilai karakter mandiri dalam materi pelajaran dengan mencantumkannya di dalam RPP, mengembangkan proses pembelajaran siswa secara aktif yang dapat membuat siswa melakukan internalisasi nilai karakter mandiri dan menunjukkannya dalam perilaku yang sesuai, dan memberikan bantuan kepada peserta didik, baik yang mengalami kesulitan untuk menginternalisasikan nilai karakter mandiri maupun menunjukkannya dalam perilaku. Aspek budaya sekolah meliputi mengintegrasikan nilai karakter mandiri dalam kegiatan kurikuler sekolah, mengintegrasikan nilai karakter mandiri dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah, dan melibatkan siswa dalam proses mengambil keputusan. Kata kunci: pendidikan karakter, karakter mandiri, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:43
Last Modified: 08 Jan 2024 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79942

Actions (login required)

View Item View Item