PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI SAMBENG

Trimuktiyadi, Arif (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI SAMBENG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Arif Trimuktiyadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini didapatkan dari hasil analisis kebutuhan siswa kelas III SDN Sambeng yang menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah. Selain itu baik guru maupun siswa membutuhkan bahan ajar yang dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi dan membantu siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis saintifik yang layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran di kelas III SDN Sambeng. Pengembangan bahan ajar berbasis saintifik ini menggunakan model 4-D menurut Hamnur (2021: 3-4) terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define) perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (disseminate). Namun karena kebutuhan penelitian, maka penelitian ini hanya melakukan sampai tahap develop atau pengembangan. Subjek dalam penelitian ini pada uji coba awal terdapat 6 siswa dan pada uji coba diperluas terdapat 12 siswa serta guru kelas III SDN Sambeng. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi dengan skor rata rata 4,76 dengan kategori “sangat layak”, kemudian penilaian ahli media dengan skor rata-rata 4,48 dengan kategori “sangat layak”, selanjutnya praktisi memberikan rata-rata 4,69 yang termasuk dalam kategori "sangat layak". Hasil uji coba awal mendapatkan presentase skor rata-rata 93,33% termasuk dalam kategori “sangat layak”, dan hasil uji coba diperluas mendapatkan presentase skor rata-rata 96,67% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis saintifik “layak dan praktis” digunakan untuk siswa kelas III SDN Sambeng. Kata Kunci: bahan ajar, saintifik, kewajiban dan hak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:28
Last Modified: 08 Jan 2024 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79940

Actions (login required)

View Item View Item