PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 1 KAPANEWON PAKEM, SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Rifai, Gita Wildan (2024) PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 1 KAPANEWON PAKEM, SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Gita Wildan Rifai.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh interaksi teman sebaya yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-gugus 1 Kapanewon Pakem Kabupaten Sleman tahun ajaran 2023/2024. Oleh karena itu jenis metode penelitian ini adalah korelasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-gugus 1 Kapanewon Pakem, Sleman tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 94 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang berisi variabel penelitian, yaitu variabel bebas adalah interaksi teman sebaya dan variabel terikat adalah motivasi belajar. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk. Uji validitas isi menggunakan teknik expert judgement, dan uji validitas konstruk dengan diujicobakan kepada 30 siswa, yang kemudian dilakukan analisis daya beda dengan koefisien korelasi antara skor item dan skor total untuk mengetahui butir soal yang gugur. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data meliputi uji analisis statistik deskriptif, dan uji hipotesis yang menggunakan analisis correlation product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-gugus 1 Kapanewon Pakem, Sleman tahun ajaran 2023/2024. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,753 bernilai positif dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai koefisien korelasi berada di antara 0,600,799 yang termasuk dalam hubungan dengan kategori kuat. Nilai positif 0,753 menunjukkan bahwa arah hubungan antara variabel bebas (interaksi teman sebaya) dengan variabel terikat (motivasi belajar) adalah searah, yang memiliki arti bahwa setiap kenaikan satu satuan variabel interaksi teman sebaya akan menyebabkan kenaikan motivasi belajar siswa sebesar 75,3%. Kata kunci: interaksi teman sebaya, motivasi belajar siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:34
Last Modified: 08 Jan 2024 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79934

Actions (login required)

View Item View Item