PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SD NEGERI TEGALMULYO

Putri, Nadila (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SD NEGERI TEGALMULYO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Nadila Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas IV SD Negeri Tegalmulyo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD). Karena pembelajaran IPS di sekolah masih monoton dan nilai hasil belajar IPS peserta didik yang di bawah KKM rata rata 19 peserta didik. Selain itu pembelajaran IPS dirasa kurang interaktif karena menggunakan model konvensional. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SD Negeri Tegalmulyo yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Divisions dengan enam fase, yaitu: fase 1 menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik, fase 2 menyajikan informasi, fase 3 mengorganisasikan peserta didik kedalam kelompok kelompok belajar, fase 4 membimbing kelompok bekerja dan belajar, fase 5 evaluasi dan fase 6 memberikan penghargaan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Student Team Achievment Divisions dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik. Pada kegiatan pra siklus nilai rata-rata peserta didik yang diperoleh dari tes yaitu 53,5. Setelah dilakukan siklus I dengan penerapan model pembelajaran STAD, rata-rata hasil belajar IPS peserrta didik mengalami peningkatan sebesar 17,8 poin atau menjadi 71,3. Namun, hasil tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan penelitian karena hanya 72.40% atau 21 peserta didik yang tuntas KKM, sehingga dilakukan tindakan siklus II. Setelah dilakukan tindakan dan perbaikan padas siklus II, kembali terjadi peningkatan rata rata nilai sebesar 26,7 poin atau menjadi 98 dan terdapat 86,2% atau 25 peserta didik tuntas KKM. Kata kunci: hasil belajar, IPS, Student Team Achievment Divisions, STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2024 05:35
Last Modified: 08 Jan 2024 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79931

Actions (login required)

View Item View Item