PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS I MENGGUNAKAN METODE SHOW AND TELL DI SD NEGERI DUYUNGAN 3 KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN

Melani, Vika (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS I MENGGUNAKAN METODE SHOW AND TELL DI SD NEGERI DUYUNGAN 3 KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Vika Melani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode show and tell pada siswa kelas I SD Negeri Duyungan 3 Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. Keterampilan berbicara siswa kelas I SD Negeri Duyungan 3 Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen masih termasuk rendah sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Duyungan 3 Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen yang berjumlah 16 siswa. Desain penelitian tindakan ini menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrumen berupa lembar observasi dan lembar penilaian keterampilan berbicara atau rubik penilaian. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yang ditentukan adalah 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai KKM ≥ 70. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Tahap pra tindakan menunjukkan keterampilan berbicara siswa masih tergolong sangat kurang dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 4 siswa (25%). Pada siklus I pertemuan 1 perolehan jumlah siswa tuntas mengalami peningkatan menjadi 9 siswa (56,25%). Pada siklus I pertemuan 2 perolehan jumlah siswa tuntas mengalami peningkatan lagi menjadi 10 siswa (62,5%). Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 dengan adanya perbaikan dari siklus I yaitu guru memperhatikan waktu yang digunakan, guru lebih sering untuk membimbing siswa, guru mengondisikan siswa pada saat suasana kelas tidak kondusif, dan memberikan reward pada siswa yang telah melakukan kegiatan show and tell. Dengan adanya perbaikan dari siklus I jumlah siswa tuntas mengalami peningkatan menjadi 13 siswa (81,25%). Keterampilan berbicara pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai KKM ≥ 70. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara dapat ditingkatkan menggunakan metode show and tell pada siswa kelas I SD Negeri Duyungan 3 Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. Kata kunci: keterampilan berbicara, metode show and tell, siswa kelas I

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:43
Last Modified: 08 Jan 2024 01:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79928

Actions (login required)

View Item View Item