PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PAILKEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V DI SDN KECEME 1

Fatimah, Dwi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PAILKEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V DI SDN KECEME 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
DWI FATIMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan pendekatan PAILKEM terhadap kemampuan pemahaman siswa kelas V di SDN Keceme 1. Konsep pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAILKEM menurut Uno dan Mohammad terdiri dari komponen: 1) pembelajaran yang aktif, 2) pembelajaran yang inovatif, 3) pembelajaran yang menggunakan lingkungan, 4) pembelajaran yang kreatif, 5) pembelajaran yang efektif, dan 6) pembelajaran yang menarik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi. Desain penelitian yang dilakukan dengan menggunakan tipe Pretest-posttest non-equivalent kontrol group design, di mana pemilihan kelompok kontrol dan eksperimen yang dibandingkan tidak dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes dan non tes. Populasi pada penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SDN Keceme 1. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5A dan 5B SDN Keceme 1 sebanyak 36 siswa. Penelitian dilaksanakan di SDN Keceme 1, Desa Keceme, Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif signifikan terkait penggunaan pendekatan pembelajaran PAILKEM terhadap kemampuan pemahaman siswa pada muatan IPA kelas V di SDN Keceme 1. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T Test kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,006 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 dengan selisih rata-rata kedua kelompok sebesar 9,28. Kata kunci: pendekatan, PAILKEM, kemampuan pemahaman, dan muatan IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:10
Last Modified: 08 Jan 2024 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79927

Actions (login required)

View Item View Item