Survei Tingkat Pengetahuan Guru Terhadap Penerapan Penanganan Cedera Dengan Metode RICE dan Exercise Therapy Pada MGMP PJOK SMP se-Kabupaten Cilacap

Asis, Fadil Al-Fathan (2023) Survei Tingkat Pengetahuan Guru Terhadap Penerapan Penanganan Cedera Dengan Metode RICE dan Exercise Therapy Pada MGMP PJOK SMP se-Kabupaten Cilacap. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fadil al-fathan asis_20603141013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyaknya cedera yang terjadi pada lingkungan pendidikan, tetapi tidak semua guru mampu memberikan pertolongan pertama dan menangani cedera dengan tepat, sehingga cedera yang terjadi bisa menjadi semakin parah dan dapat menyebabkan kekambuhan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan metode RICE dan exercise therapy terhadap penanganan cedera pada MGMP PJOK SMP se-Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK SMP se-Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang berjumlah 164 orang dari 74 Sekolah Menengah Pertama. Penghitungan ukuran sampel menggunakan rumus slovin dan dengan teknik pengambilan sampel menunggunakan sampling insidental, sehingga didapat sampel yang dibutuhkan pada penelitian ini adalah sebanyak 116 responden. Instrument penelitian ini adalah kuesioner yang sudah di uji validasi dan uji reliabilitas di dapat nilai alpha cronbach sebesar 0,862. Analisis data yang dilakukan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan metode RICE dan exercise therapy terhadap penanganan cedera pada MGMP PJOK SMP se-Kabupaten Cilacap dengan frekuensi terbanyak berada pada kategori kurang sebesar 37,07%. Tingkat pengetahuan guru mengenai penanganan cedera dengan Metode RICE dan Exercise Therapy pada MGMP PJOK SMP se-Kabupaten Cilacap yang berkategori sangat baik sebesar 8,62%, baik 18,97%, cukup 34,48%, kurang 37,07% dan sangat kurang 0,86%. Sehingga diambil kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan guru terhadap penerapan penanganan cedera dengan metode RICE dan exercise therapy pada MGMP PJOK SMP se-Kabupaten Cilacap adalah kurang. Saran pada penelitian lanjutan mampu melakukan komparasi data Kabupaten Cilacap dengan Kabupaten atau Kota lain.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Cerika Rismayanthi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, penerapan, RICE, exercise therapy
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:09
Last Modified: 02 Jan 2024 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79889

Actions (login required)

View Item View Item