Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Bola Basket Kelas X Ditinjau Dari Motivasi Belajar

Jumareng, M Taqwal (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Bola Basket Kelas X Ditinjau Dari Motivasi Belajar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_m. taqwal jumareng_22611251003.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar PJOK materi bola basket kelas X, (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar PJOK materi bola basket kelas X, (3) interaksi model pembelajaran discovery learning dan problem based learning serta motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dengan hasil belajar PJOK materi bola basket kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian menggunakan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kendari, sampel dari penelitian ini adalah 40% dari total populasi yaitu 76 peserta didik, dan kemudian melewati tahap pembagian kelompok menggunakan tes motivasi belajar dengan metode 27% nilai tertinggi dan 27% nilai terendah, sehingga didapatkan 40 peserta didik. Instrumen tes untuk mengukur motivasi belajar peserta didik menggunakan angket motivasi belajar dan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar materi bola basket menggunakan tes kognitif berupa soal pilihan ganda dan psikomotor berupa tes keterampilan. Perlakuan diberikan selama empat minggu dengan frekuensi pertemuan satu kali per minggu dari tiap kelompok. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur (two way anova) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sbb.: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar PJOK materi bola basket kelas X, dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05. Kelompok model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan kelompok model pembelajaran discovery learning dengan selisih rata rata kedua kelompok sebesar 8,11; (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar PJOK materi bola basket kelas X, dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05. Kelompok motivasi belajar tinggi memiliki rata rata hasil belajar PJOK materi bola basket kelas X lebih baik daripada kelompok motivasi belajar rendah dengan selisih rata rata hasil belajar PJOK materi bola basket kelas X sebesar 24,36; dan (3) terdapat interaksi model pembelajaran discovery learning dan problem based learning dan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dengan hasil belajar PJOK materi bola basket kelas X, nilai signifikansi p sebesar 0,024 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yustinus Sukarmin, M.S.
Uncontrolled Keywords: discovery learning, problem based learning, motivasi belajar
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:57
Last Modified: 29 Dec 2023 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79884

Actions (login required)

View Item View Item