PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI BOJONG BARU KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO

Fitiyaningrum, Ayu (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI BOJONG BARU KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Ayu Fitiyaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui model Problem Based Learning dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SD Negeri Bojong Baru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu hingga petemuan, dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bojong Baru yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri nontes dan tes. Teknik nontes terdiri dari observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik tes terdiri dari soal evaluasi di akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Bojong Baru dari segi proses maupun hasil, antara lain: 1) langkah-langkah penerapan model problem based learning, yaitu: orientasi peserta didik terhadap masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelmpok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah . 2) tingkat keberhasilan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dibuktikan melalui nilai rata-rata tes pratindakan sebesar 50. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I dilakukan tes evaluasi 1 meningkat menjadi 58 pada pembelajaran siklus II meningkat menjadi 85. Kata Kunci:berpikir kritis, problem based learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:51
Last Modified: 21 Dec 2023 04:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79852

Actions (login required)

View Item View Item