PENGARUH PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DAN INTENSITAS BELAJAR DI TPA TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA MI SE-KECAMATAN SEYEGAN

Khamidah, Laili (2023) PENGARUH PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DAN INTENSITAS BELAJAR DI TPA TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA MI SE-KECAMATAN SEYEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Laili Khamidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui pembiasaan asmaul husna secara parsial berpengaruh signifikan terhadap religiusitas siswa MI se-kecamatan Seyegan, (2) mengetahui intensitas belajar di TPA secara parsial berpengaruh signifikan terhadap religiusitas siswa MI se-kecamatan Seyegan, (3) mengetahui pembiasaan asmaul husna dan intensitas belajar di TPA secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap religiusitas siswa MI se-kecamatan Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa MI se-kecamatan Seyegan sebanyak 295 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 213 siswa ditentukan dengan tabel yang dikembangkan oleh Issac dan Michael, selanjutnya sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembiasaan membaca asmaul husna sebanyak 79 siswa (37%) tergolong kategori sedang, intensitas belajar di TPA sebanyak 81 siswa (40%) tergolong kategori sedang, religiusitas siswa sebanyak 85 siswa (40%) tergolong kategori sedang, (2) terdapat pengaruh secara parsial yang signifikan pembiasaan membaca asmaul husna terhadap religiusitas siswa MI se-kecamatan Seyegan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi F Change lebih kecil sebesar 0,000 daripada nilai signifikansi 0,05, (3) terdapat pengaruh secara parsial yang signifikan intensitas belajar di TPA terhadap religiusitas siswa MI se-kecamatan Seyegan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi F Change lebih kecil sebesar 0,000 daripada nilai signifikansi 0,05, (4) terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan pembiasaan membaca asmaul husna dan intensitas belajar di TPA terhadap religiusitas siswa MI se-kecamatan Seyegan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi F Change lebih kecil sebesar 0,000 daripada nilai signifikansi 0,05. Sumbangan variabel pembiasaan membaca asmaul husna dan intensitas belajar di TPA terhadap religiusitas siswa sebesar 44,6%. Kata Kunci: Pembiasaan Membaca Asmaul Husna, Intensitas Belajar di TPA, Religiusitas Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:24
Last Modified: 21 Dec 2023 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79851

Actions (login required)

View Item View Item