“PENGEMBANGAN VIASIM (VIDEO ANIMASI SIKAP MENGHORMATI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI DENGGUNG”

Waskito, Nur Hadi (2023) “PENGEMBANGAN VIASIM (VIDEO ANIMASI SIKAP MENGHORMATI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI DENGGUNG”. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Nur Hadi Waskito.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi sikap menghormati yang telah diuji kelayakan dan kepraktisannya untuk digunakan dalam pembelajaran PPKn materi sikap menghormati di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada metode penelitian Borg & Gall yang dibatasi pada tujuh langkah, yatu: 1) Identifikasi potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk, dan 7) Revisi produk. Subjek uji coba lapangan awal adalah 4 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 15 siswa kelas III SD Negeri Denggung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian media oleh ahli materi dan media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi sikap menghormati layak digunakan untuk siswa kelas III sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan pada hasil validasi produk dengan ahli materi 4,5 dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi produk dengan ahli media tahap pertama 2,7 dengan kategori “cukup layak” dan tahap kedua 4,1 kategori “layak”. Hasil penilaian guru kelas sebagai pengguna praktis 4,16 dengan kategori “praktis” atau “layak”. Hasil penilaian siswa sebagai pengguna uji coba lapangan awal 4,35 dengan kategori “sangat praktis” atau “sangat layak”, serta skor uji lapangan utama 4,42 dengan kategori “sangat praktis” atau “sangat layak”. Secara keseluruhan, media video animasi sikap menghormati layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran PPKn materi sikap menghormati di kelas III sekolah dasar. Kata Kunci: media video animasi, sikap menghormati, siswa kelas III

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:17
Last Modified: 21 Dec 2023 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79850

Actions (login required)

View Item View Item