PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS VI SD N 1 RINGIN LARIK

Mardiana, Sela (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS VI SD N 1 RINGIN LARIK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Sela Mardiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Siswa Kelas VI SD N 1 Ringin Larik. Dalam pembelajaran siswa terlihat kurang bersemangat dan terlihat malas-malasan, hal tersebut terjadi dikarenakan guru dalam pembelajaran menggunakan metode tradisional atau dengan cara yang monoton. Guru dalam pembelajaran hanya menyuruh siswa untuk membaca teks bacaan kemudian siswa disuruh menjawab pertanyaan berdasarkan teks tersebut. Sehingga kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N 1 Ringin Larik yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran scramble dapat meningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Peningkatan proses pembelajaran membaca pemahaman terlihat siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih berani mengungkapkan pendapatnya dan kerja kelompok berjalan dengan baik. Penigkatan kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari jumlah siswa yang berhasil mencapai nilai KKM pada pratindakan 36%, akhir siklus I sebesar 64% dan pada akhir siklus II sebesar 82%. Sedangkan nilai rata-rata pada pratindakan adalah sebesar 70,5, akhir siklus I sebesar 80, dan pada akhir siklus II sebesar 82, 7. Kata Kunci: membaca pemahaman, metode pembelajaran scramble, siswa, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Dec 2023 00:58
Last Modified: 21 Dec 2023 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79846

Actions (login required)

View Item View Item