PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS I SD NEGERI JATIREJO LENDAH KULON PROGO

Lestari, Sulis Fitri (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS I SD NEGERI JATIREJO LENDAH KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Sulis Fitri Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan media Big Book pada siswa kelas I SD Negeri Jatirejo Lendah Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri Jatirejo yang 6 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan (planning), Tindakan (action), Pengamatan (observation), dan Refleksi (reflection). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan kualititatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I. Pembelajaran menggunakan media big book ini diajarkan guru melalui tiga tahapan diantaranya, prabaca, membaca, dan pasca baca. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas dari 66,5 meningkat menjadi 73,33 dan 84. Persentase pencapaian nilai rata-rata keterampilan membaca juga mengalami peningkatan pada pratindakan sebesar 17%, pada siklus I 50%, dan pada siklus II yaitu 100%. Kata Kunci: membaca permulaan, big book.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Dec 2023 00:48
Last Modified: 21 Dec 2023 00:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79845

Actions (login required)

View Item View Item