Zakhwa, Hemi Tri (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN, KECAMATAN PENGADEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Hemi Tri Zakhwa.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan, (2) pengaruh regulasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan, (3) pengaruh efikasi diri dan regulasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 110 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 89 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner efikasi diri, regulasi diri, dan motivasi belajar. Uji validitas menggunakan analisis faktor dan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh antara efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan, dengan nilai α 0,039 < 0,05. Sumbangan efektif efikasi diri terhadap motivasi belajar sebesar 16,2%. (2) Ada pengaruh antara regulasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan, dengan nilai α 0,00 < 0,05. Sumbangan efektif regulasi diri terhadap motivasi belajar sebesar 55,1%. (3) ada pengaruh antara efikasi diri dan regulasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan, dengan nilai α 0,00 < 0,05. Sumbangan efektif efikasi diri dan regulasi diri terhadap motivasi belajar sebesar 71,3%. Kata kunci: efikasi diri, regulasi diri, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 00:44 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 00:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |