Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan dan Fleksibilitas Punggung Terhadap Bantingan Ippon Seoi Nage Pada Atlet Judo Kota Yogyakarta

Andini, Cindy Novi (2024) Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan dan Fleksibilitas Punggung Terhadap Bantingan Ippon Seoi Nage Pada Atlet Judo Kota Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_cindy novi andini_19602244033.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan kekuatan otot lengan dan fleksibilitas otot punggung terhadap bantingan Ippon Seoi Nage pada atlet judo Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan yaitu “one group pretest-posttest design”. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet judo Kota Yogyakarta yang berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan tes kekuatan otot lengan, tes fleksibilitas otot punggung dan tes bantingan Ippon Seoi Nage. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada peningkatan latihan kekuatan otot lengan t hitung10,002> t tabel (2,306) (2) ada peningkatan latihan fleksibilitas otot punggung t hitung9,000> t tabel (2,306) (3) ada pengaruh latihan kekuatan otot lengan dan fleksibilitas otot punggung terhadap bantingan Ippon Seoi Nage nilai t hitung8,450> t tabel (2,306). Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh latihan kekuatan otot lengan dan fleksibilitas otot punggung terhadap bantingan Ippon Seoi Nage pada atlet judo Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Rumpis Agus Sudarko, M.S.
Uncontrolled Keywords: kekuatan otot lengan, fleksibilitas otot punggung, ippon seoi nage
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:53
Last Modified: 16 Jan 2024 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79836

Actions (login required)

View Item View Item