ANALISIS NILAI RELIGIUS DAN STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUSITAS ANAK PADA KONTEN ANIMASI OMAR & HANA

Layla, Rizqi Noor (2023) ANALISIS NILAI RELIGIUS DAN STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUSITAS ANAK PADA KONTEN ANIMASI OMAR & HANA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Rizqi Noor Layla.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius yang terkandung dalam konten animasi Omar & Hana serta untuk mendeskripsikan strategi pembentukan karakter religiusitas anak pada konten animasi Omar & Hana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analysis content. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dengan unitizing, sampling, recording or coding, reducing, inferring dan narrating. Perpanjangan pengamatan, ketekunan pegamantan serta diskusi rekan digunakan sebagai uji kredibilitas data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai religius yang terkandung dalam konten animasi Omar & Hana meliputi: a) nilai religius aspek keimanan sebesar 26,84% meliputi nilai religius rasa tenang dan aman, syukur, motivasi tinggi, sungguh-sungguh, taat, berpikir kritis, penolong, peduli, ikhlas, berpikir jauh ke depan, pantang menyerah dan kerja keras, b) nilai religius aspek ibadah sebesar 26,47% meliputi nilai religius optimis, istiqomah, takwa, mujahadah, sabar, bertanggung jawab, bijaksana, kerja sama, dan husnudzon, c) nilai religius aspek akhlak sebesar 46,69% didasarkan pada pengamalan akhlak kepada Allah SWT, pada diri sendiri, keluarga, sesama, dan lingkungan. (2) Terdapat strategi pembentukan karakter religiusitas anak antara lain: a) strategi pembiasaan rutin sebesar 9,70% tampak digunakan untuk menanamkan nilai religius aspek keimanan, ibadah, dan akhlak, b) strategi keteladanan sebesar 52,99% baik guna menanamkan nilai religius aspek keimanan, ibadah, dan akhlak, c) strategi pengkondisian sebesar 8,21% dimana terlihat sarana dan prasaran yang membantu dan mendukung pembentukan karakter religius anak aspek keimanan dan ibadah, d) strategi pujian dan hadiah (praise-and-reward) sebesar 6,72% dimana terdapat pemberian pujian dan hadiah pada anak sebagai strategi untuk menanamkan nilai religius pada aspek keimanan, ibadah, dan akhlak, e) strategi definisikan dan latihkan (define-and-drill) sebesar 22,39% yakni mendefinisikan sebuah perilaku baik dan melatihkan perilaku yang dianggap baik tersebut untuk menanamkan nilai religius aspek keimanan, ibadah, serta akhlak. Kata Kunci: Nilai Religius, Strategi Pembentukan, Karakter Religiusitas, Omar & Hana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:27
Last Modified: 19 Dec 2023 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79833

Actions (login required)

View Item View Item