PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI PEMBAGIAN KELAS IV SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN

Alifah, Khairunnisa Zulfa (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI PEMBAGIAN KELAS IV SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Khairunnisa Zulfa Alifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap kemampuan koneksi matematika materi pembagian kelas IV SD Muhammadiyah Al-Mujahidin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Al-Mujahidin yang berjumlah 100, sedangkan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 50 peserta didik yang terbagi di kelas Olympiad dan Brilliant. Kelas IV Olympiad digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV Briliant sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, yakni pretest dan posttest. Instrumen penelitian berupa tes koneksi matematis yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa rata – rata pretest kelas eksperimen adalah 60,48 dan kelas kontrol 56,48. Sedangkan, posttest kelas eksperimen 84,64 dan kelas kontrol 65,04. Hasil posttest kelas eksperimen masuk pada kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori cukup. Hasil data uji t-independen diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan rata – rata kemampuan koneksi matematika antara model SOLE dengan model direct instruction. Jadi, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan model SOLE terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci : Model Self Organized Learning Environment (SOLE), koneksi matematika, pembagian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:52
Last Modified: 19 Dec 2023 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79828

Actions (login required)

View Item View Item