PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GUIDED READING BAGI SISWA KELAS 1 SDN 3 SOROPADAN

Mahjatin, Feby Milenia (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GUIDED READING BAGI SISWA KELAS 1 SDN 3 SOROPADAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Feby Milenia Mahjatin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Meningkatkan keterampilan membaca permulaan malalui metode guided reading pada siswa kelas 1 SDN 3 Soropadan, Pringsurat ,Temanggung. Dilaksanakan pada awal semester 1 berdasarkan mata pelajaran bahasa indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 3 Soropadan berjumlah 18 Siswa. Desain penelitian ini mengacu penelitian tindakan kelas menurut Kemis dan MC Taggart berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi dan unjuk kerja siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah nilai hasil keterampilan membaca permulaan siswa mendapat tindakan yang sudah dilakukan pada siklus kedua ini sudah mencapai ketuntasan klasikal dengan total perolehan skor 88,89 % yang sudah melampaui kriteria keberhasilan ketuntasan klasikal ≥ 85 %. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan membaca permulaan Siswa Kelas 1 SDN 3 Soropadan dapat ditingkatkan melalui metode guided reading. Hasil observasi proses pembelajaran menunjukkan peningkatan proses keterampilan berbicara siswa : mengeja huruf vocal dan konsonan siklus I 58,3 % meningkat pada siklus II menjadi 86, 1 %, menyebutkan kata dengan fonem sama siklus I 59,72 % dan di siklus II menjadi 79,16 %, selanjutnya mengucapkan kata dengan pemenggalan tepat, siklus I 59,72 % meningkat pada siklus II menjadi 79,16 %, membaca kalimat sederhana dengan pelafalan dan intonasi tepat serta menjelaskan makna kata mengalami peningkatan sangat pesat menjadi 88,88 % yang semula hanya 27,77 %. Penelitian ini sudah mencapai ketuntasan dengan pemerolehan presentase rentang ≥75 % dan sudah melampauinya. Kata kunci : keterampilan membaca, guided reading

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:37
Last Modified: 19 Dec 2023 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79826

Actions (login required)

View Item View Item