PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR MENGGUNAKAN REWARD STICKER PICTURED UNTUK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH MULYODADI

Safitri, Devi Ariyani (2023) PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR MENGGUNAKAN REWARD STICKER PICTURED UNTUK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH MULYODADI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Devi Ariyani Safitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dan mengetahui proses peningkatan kedisiplinan belajar menggunakan reward sticker pictured terhadap siswa kelas II SD Muhammadiyah Mulyodadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Muhammadiyah Mulyodadi yang berjumlah 12 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Pengumpulan data menggunakan observasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini ditunjukan apabila terdapat peningkatan persentase setiap indicator kedisiplinan belajar dan persentase kedisiplinan belajar siswa dari pratindakan ke siklus I kemudian ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan belajar pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Mulyodadi. Kedisiplinan belajar siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran dengan reward sticker pictured, yaitu: (1) mengondisikan kelas, (2) memberikan apersepsi dan motivasi, (3) menggunakan reward sticker pictured dalam upaya membina dan mengembangkan disiplin belajar siswa, (4) menggunakan reward sticker pictured sesuai dengan kondisi psikologi peserta didik, (5) menggunakan reward dan punishment yang tepat dalam upaya meningkatkan disiplin belajar siswa, dan (6) melaksanakan kegiatan refleksi dari proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil persentase jumlah siswa yang memiliki kedisiplinan belajar kategori tinggi dan sangat tinggi pada siklus I 41% dan siklus II 67%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward sticker pictured dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah Mulyodadi. Kata kunci : kedisiplinan belajar, reward sticker pictured, sekolah dasar, kelas rendah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:44
Last Modified: 19 Dec 2023 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79824

Actions (login required)

View Item View Item