PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DIBANDINGKAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Viantorus, Verrill Adha Vi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DIBANDINGKAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Verrill Adha Vi Viantorus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap kemampuan penalaran matematis materi pecahan dan mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual) dibandingkan dengan model kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Bogor yang berjumlah 100, sedangkan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 50 peserta didik yang terbagi dari kelas A dan B. Kelas IV A digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, yakni pretest dan posttest. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa rata-rata pretest kelas eksprimen adalah 59,84 dan 56,48 kelas kontrol. Hasil posttest kelas eksperimen 83,84 dan 65,04 kelas kontrol. Hasil posttest kelas eksperimen masuk pada kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori cukup. Uji hipotesis menggunakan paired sample dan independent t-test, diperoleh t hitung sebesar 13,416 sedangkan nilai t tabel pada tingkat signifikan 5% (0,05) dan df=24 sebesar yang berarti t hitung > t tabel 13,416 > 1,711. Sementara untuk nilai signifikansinya sebesar yang berarti lebih kecil dari 0,05. Jadi, hasil penelitian menunjukan adannya pengaruh signifikan penggunaan model SAVI terhadap kemampuan penalaran matematika peserta didik pada materi pecahan kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci : Model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI), Kemampuan Penalaran Matematis, Pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:57
Last Modified: 19 Dec 2023 06:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79823

Actions (login required)

View Item View Item