PENGARUH MODEL EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 2 SD

Puspitaningrum, Rifky (2023) PENGARUH MODEL EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 2 SD. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rifky Puspitaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh model Experiental Learning terhadap tingkat konsentrasi belajar pada siswa kelas 2 SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Experiment. Sampel penelitian adalah siswa kelas 2 SD N Sukomulyo dan SD N Selomulyo sebanyak 52 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Analisis data dengan menggunakan uji Tanda dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Experiental Learning terhadap tingkat konsentrasi belajar pada siswa kelas 2 SD. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Tanda dan Uji Wicoxon non parametrik dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menggunakan analisis uji Tanda di kelas eksperimen dengan diperoleh Exact. Sig. (2-tailed) sebesar 0,007 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil pretest dengan hasil posttest model Experiental Learning. Analisis uji Wilcoxon dalam penelitian diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) kelas eksperimen sebesar 0,011. Kriteria nilai 0,011 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa model Experiental Learning memiliki pengaruh terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa kelas 2 SD. Kata kunci: experiental learning, konsentrasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:59
Last Modified: 19 Dec 2023 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79819

Actions (login required)

View Item View Item