PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MI MA’ARIF PANGUKAN SLEMAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING

Harjanti, Iin (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MI MA’ARIF PANGUKAN SLEMAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Iin Harjanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini disusun untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Pangukan Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dan guru dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Pangukan Sleman dengan jumlah siswa 22 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober, November 2022 dan Januari 2023. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran IPS menggunakan metode Mind Mapping. Langkah-langkah pembelajaran IPS menggunakan metode Mind Mapping seperti, 1) guru melakukan apersepsi, 2) menyampaikan tujuan pembelajaran, 3) menyampaikan materi menggunakan Mind Mapping, 4) membentuk kelompok diskusi, 5) menyampaikan langkah-langkah membuat Mind Mapping, 6) diskusi kelompok, 7) membuat Mind Mapping, 8) guru memperhatikan keterlibatan siswa, 9) mempersentasikan hasil Mind Mapping, 10) mengerjakan soal evaluasi, 11) menyimpulkan materi pembelajaran, dan 12) melakukan refleksi pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Ma’arif Pangukan Sleman ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan siswa dari pratindakan sebesar 23% meningkat menjadi 91%. Kata Kunci: hasil belajar, metode Mind Mapping.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:23
Last Modified: 19 Dec 2023 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79813

Actions (login required)

View Item View Item