Kondisi Biomotor Pada Siswa-Siswi Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Taekwondo Di SMA N 1 SIMPANG RIMBA Kabupaten Bangka Selatan Kep. Bangka Belitung

Saputra, Dodi (2023) Kondisi Biomotor Pada Siswa-Siswi Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Taekwondo Di SMA N 1 SIMPANG RIMBA Kabupaten Bangka Selatan Kep. Bangka Belitung. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dodi saputra_19601241001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kondisi Biomotor Peserta Ekstrakurikuler Taekwondo Di SMA N 1 SIMPANG RIMBA Kabupaten Bangka Selatan Kep. Bangka Belitung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuntitatif dengan metode survei dengan teknik tes pengukuran. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler Taekwondo SMA N 1 SIMPANG RIMBA yang berjumlah 25 peserta dengan 7 siswa putra dan 18 siswi perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes pengukuran dengan instrumen yang terdiri dari 9 item tes yaitu: (1) Lari 30 M menggunakan alat meteran, cone dan stopwatch, ( 2) Sit-Up menggunakan lapangan dan alat stopwatch , (3) Pull-Up menggunakan tiang pullup dan stopwatch, (4) Bergantung Siku Tekuk menggunakan tiang pull-up dan stopwatch, (5) Wall-Seat menggunakan tembok dan stopwatch, 6. Loncat Dada menggunakan lapangan dan stopwatch, (7) Lari Bolak Balik 4x5 m menggunakan alat meteran, cone dan stopwatch, (8) Sit & Reach menggunakan alat lafayette, (9) Balke Tes menggunakan alat meteran, cone dan stopwatch. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kondisi biomotor lari 30 m peserta tes dikatagorikan kurang sekali dengan persentase 92%, (2) Kondisi biomotor sit-up peserta tes dikatagorikan kurang dengan persentase 72%, (3) Kondisi biomotor pull-up peserta tes dikatagorikan sedang dengan persentase 57,14%, (4) Kondisi biomotor BST peserta tes dikatagorikan sedang dengan persentase 50%, (5) Kondisi biomtor wall-seat peserta tes dikatagorikan sedang dengan persentase 52%, (6) Kondisi biomotor loncat dada peserta tes dikatagorikan kurang dengan persentase 60%. (7) Kondisi biomotor lari bolakbalik 4x5 m peserta tes dikatagorikan sedang dengan persentase 52%, (8) Kondisi biomotor seat & reach peserta tes dikatagorikan kurang dengan persentase 80%, (9) Kondisi biomotor balke tes peserta tes dikatagorikan kurang dengan persentase 72%, (10) Kondisi biomotor siswa-siswi secara keseluruhan masuk kedalam katagori sedang dengan persentase 52%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Indah Prasetyawati Tri Purnama Sari, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kondisi biomotor, taekwondo
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:58
Last Modified: 18 Dec 2023 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79803

Actions (login required)

View Item View Item