Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar, dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri I Sewon

Dewi, Frida Margarina and Sunarto, Sunaryo (2023) Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar, dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri I Sewon. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-frida margarina dewi-20702251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh pengalaman praktik kerja industry; (2) pengaruh hasil belajar mata pelajaran perawatan wajah, badan, dan rias wajah; (3) pengaruh motivasi memasuki dunia kerja; dan (4) pengaruh motivasi memasuki dunia kerja, pengalaman praktik kerja industri, dan hasil belajarterhadap kesiapan kerja siswa kelas XII kompetensi keahlian Tata Kecantikan, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sewon. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK N 1 Sewon.Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah siswa sebanyak 97 dari tiga rombel. Pengumpulan data melalui Google form.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapankerja, yang ditunjukkan oleh nilai rX1Y= 0, 506. (2) Terdapat pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa, yang ditunjukkan oleh nilai rX2Y=0,640. (3) Terdapat pengaruh hasil belajar mata pelajaran perawatan wajah, badan, dan rias wajah terhadap kesiapan kerjasiswa, yang ditunjukkan oleh nilai rX3Y=0,305. (4) Terdapat pengaruh motivasi memasuki dunia kerja, pengalaman praktik kerja industri, dan hasil belajar secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja, yang ditunjukkan oleh nilaiR X1 X2 X3= 0,702.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengalaman praktik kerjaindustri, hasil belajar, motivasi, kesiapan kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:44
Last Modified: 30 Nov 2023 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79688

Actions (login required)

View Item View Item