Evaluasi Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 di SMKN 2 Kuripan.

Faridi, M. Ilham and Sudira, Putu (2023) Evaluasi Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 di SMKN 2 Kuripan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-m. ilham faridi-21702251040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Evaluasi Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Melalui LSP P1 di SMKN 2 Kuripan yang difokuskan pada: (1) Kesesuaian Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi ditinjau dari Context, (2) Kelengkapan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi ditinjau dari Input, (3) Efektivitas Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi ditinjau dari Process, dan (4) Ketercapaian Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi ditinjau dari Product. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian evaluasi (Evaluation Research) model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Populasi penelitian yaitu 94 siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dan 32 asesor yang berasal dari guru produktif sebagai pelaksana. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh, dimana seluruh pelaksana dan siswa digunakan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah angket, pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas konstruks instrumen menggunakan expert judgement dosen ahli dan guru. Validitas internal menggunakan rumus korelasi product moment untuk angket. Reliabilitas intrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian:(1) Context: (a) Memiliki legalitas sangat baik dilihat dari kelengkapan arsip dokumen yang dimiliki (b) Tujuan serta sasaran pelaksanaan secara umum dalam kategori sangat sesuai dengan skor 35,88 dan tingkat ketercapaian 94,73%, (2) Input: (a) Kesiapan Siswa berupa kondisi kesehatan memiliki nilai 16,53 dengan kriteria sangat baik dan tingkat ketercapaian 80% dan minat belajar memiliki skor 101,55 dengan kategori tinggi dan tingkat ketercapaian 75,75%; (b) Input berupa assesor, materi uji kompetensi, tempat uji kompetensi, biaya uji kompetensi memiliki skor 86,16 dengan kategori sesuai dan tingkat ketercapaian 93,4%, (3) Process memiliki skor 51,03 dengan kategori baik dan efektif dengan tingkat ketercapaian 93,6%, dan (4) Product: (a) Hasil pelaksanaan oleh pelaksana memiliki skor 25,91 dengan kriteria baik dan ketercapaian 78%, (b) Hasil pelaksanaan dari penilaian siswa memiliki skor 82,03 dengan kategori Sangat Baik dan tingkat ketercapaian 91%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Uji Sertifikasi Kompetensi, Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) P1, Model Evaluasi CIPP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:24
Last Modified: 30 Nov 2023 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79686

Actions (login required)

View Item View Item