Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka Taman Kanak-Kanak Negeri di Kabupaten Bantul D.I.Yogyakarta.

Jannah, Dian Fadkhuli and Harun, Harun (2023) Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka Taman Kanak-Kanak Negeri di Kabupaten Bantul D.I.Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-dian fadkhuli jannah-21701251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan kurikulum merdeka taman kanak-kanak negeri (TK negeri) di Kabupaten Bantul pada tahap pendahuluan tahap pelaksanaan, dan tahap hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Desain penelitian mengacu pada model evaluasi countenance stake. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan data komponen penerapan kurikulum untuk dibandingkan dengan standar dari Kemdikbudristek. Subjek penelitian ini adalah 14 responden kepala sekolah dan pendidik TK negeri di Kabupten Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Instrumen telah divalidasi melalui expert judgment, dan uji reliabilitas menggunakan program SPSS v.20 yang menghasilkan nilai koefisien sebesar 0,908. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penerapan kurikulum merdeka pada tahap pendahuluan sub-indikator capaian pembelajaran, ruang lingkup perkembangan/materi PAUD, kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik, serta perencanaan pembelajaran sudah baik, dengan kriteria keberhasilan 80% sesuai dengan standar dan termasuk kategori baik, namun demikian masih terdapat kelemahan dalam perumusan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran, kurangnya kreatifitas pendidik dalam merancang modul ajar, dan kurangnya kelengkapan prasarana serta sarana pendukung pembelajaran. (2) Penerapan kurikulum merdeka pada aspek tinjuan proses sub-indikator kegiatan pembuka pembelajaran, kegiatan inti menggunakan pembelajaran metode proyek dengan media loose part, dan kegiatan penutup sudah baik, dengan kriteria keberhasilan 100% sesuai dengan standar dan termasuk kategori sangat baik, namun demikian masih terdapat kelemahan dalam pemilihan strategi pembelajaran yang tepat pada kegiatan inti. (3) Tahap hasil pada sub-indikator penggunaan jenis instrumen penilaian, pelaksanaan prosedur penilaian, dan waktu penilaian sudah baik, dengan kriteria keberhasilan 85% termasuk kategori sangat baik. Secara keseluruhan hasil penerapan kurikulum merdeka di TK negeri di Kabupaten Bantul sudah baik dan sesuai dengan standar, akan tetapi masih perlu perbaikan agar memperoleh hasil maksimal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kurikulum merdeka, penerapan
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:10
Last Modified: 27 Nov 2023 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79662

Actions (login required)

View Item View Item