Tingkat Pengetahuan Guru PJOK Tentang Penjas Adaptif di Sekolah Dasar Inklusi Se-Kecamatan Mlati Sleman

Alkof, Muhammad Fadli Nasrudin (2023) Tingkat Pengetahuan Guru PJOK Tentang Penjas Adaptif di Sekolah Dasar Inklusi Se-Kecamatan Mlati Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad fadli nasrudin alkof_17604221048.pdf

Download (973kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat pengetahuan guru PJOK sekolah dasar inklusi se-Kecamatan Mlati, Sleman, terkait pembelajaran Penjas Adaptif. Penelitian berikut menggunakan metode penelitian mixed methods (deskriptif kuantitatif dan kualitatif). Subjek penelitiannya adalah guru PJOK di sekolah dasar inklusi se-Kecamatan Mlati, Sleman, berjumlah empat orang. Instrumen yang dipakai berupa tes pengetahuan True-False Test, yang terdiri dari 28 pernyataan: 18 pernyataan positif dan 10 negatif. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini merupakan instrumen yang sudah pernah dipakai oleh Agung (2015) nilai reliabilitas 0,965. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan perhitungan persentase. Terdapat enam aspek yang dinilai dalam penelitian ini, meliputi: aspek mengingat, memahami, menerapkan, dan menganalisis, evaluasi, dan kreasi. Hasil penelitian menunjukkan keempat guru PJOK SD inklusi se-Kecamatan Mlati, Sleman, memiliki tingkat pengetahuan dengan kategori tinggi secara rata-rata. Aspek evaluasi dan kreasi tergolong kategori sangat tinggi (100 persen). Di aspek menganalisis, tiga responden mendapat kategori nilai cukup (75 persen), sedangkan satu sisanya sangat tinggi (25 persen). Aspek menerapkan menunjukkan persentase 50 persen kategori nilai sangat tinggi dan 50 persen cukup. Aspek mengingat memiliki dua responden dengan nilai sangat tinggi (50 persen), sedangkan dua lainnya kategori tinggi (50 persen). Adapun di aspek memahami, dua responden dikategorisasikan sangat kurang (50 persen), sementara dua lainnya dikategorisasikan cukup (50 persen). Hasil penelitian kualitatif menunjukkan hasil sama, bahwa pemahaman sebagian responden tentang penjas adaptif masih kurang, terutama berkaitan dengan kurikulum penjas adaptif.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, guru PJOK, sekolah dasar inklusi, penjas adaptif
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:52
Last Modified: 27 Nov 2023 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79658

Actions (login required)

View Item View Item