Efektivitas Peregangan Statis dan Dinamis Terhadap Fleksibilitas Berdasarkan Jenis Kelamin Atlet Bulu Tangkis PB. Mandiri Demi Prestasi (MDP) Kabupaten Sleman

Lestari, Ayu Bintan (2023) Efektivitas Peregangan Statis dan Dinamis Terhadap Fleksibilitas Berdasarkan Jenis Kelamin Atlet Bulu Tangkis PB. Mandiri Demi Prestasi (MDP) Kabupaten Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ayu bintan lestari_22632251026.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis perbedaan efektivitas peregangan statis dan dinamis terhadap fleksibilitas atlet bulu tangkis PB. MDP. Sleman. (2) Untuk menganalisis perbedaan fleksibilitas berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan atlet bulu tangkis PB. MDP. Sleman. (3) Untuk menganalisis interaksi antara peregangan statis dan dinamis berdasarkan jenis kelamin terhadap fleksibilitas atlet bulu tangkis PB. MDP. Sleman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah atlet bulu tangkis PB. MDP. Sleman yang berjumlah 58 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berusia 14-16 tahun, tidak dalam keadaan sakit, bersedia mengikuti aturan pada treatment yang diterapkan. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 20 atlet. Instrumen fleksibilitas menggunakan si and reach. Analisis data menggunakan ANOVA two-way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara peregangan statis dan dinamis terhadap fleksibilitas atlet bulu tangkis PB. MDP. Sleman, dengan p-value 0,033 < 0,05. Kelompok peregangan statis lebih baik dibandingkan dengan kelompok peregangan dinamis dengan selisih sebesar 0,53 cm. (2) Ada perbedaan yang signifikan antara fleksibilitas berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan atlet bulu tangkis PB. MDP. Sleman, dengan p-value 0,004 < 0,05. Atlet perempuan lebih baik dibandingkan dengan atlet laki-laki dengan selisih 1,27 cm. (3) Ada interaksi yang signifikan antara peregangan statis dan dinamis berdasarkan jenis kelamin terhadap fleksibilitas atlet bulu tangkis PB. MDP. Sleman, dengan p-value 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok peregangan statis merupakan metode yang lebih efektif digunakan untuk atlet perempuan dan kelompok peregangan dinamis lebih efektif digunakan untuk atlet laki-laki.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Abdul Alim, M.Or.
Uncontrolled Keywords: peregangan statis, dinamis, fleksibilitas, jenis kelamin
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:40
Last Modified: 15 Jan 2024 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79610

Actions (login required)

View Item View Item