Analisis Pengaruh Minat Melalui Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Berolahraga Atlet Sepakbola di Kota Tangerang Selatan

Pratisto, Hermanu (2023) Analisis Pengaruh Minat Melalui Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Berolahraga Atlet Sepakbola di Kota Tangerang Selatan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hermanu pratisto_21632251024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survey cross-sectional. Sampel dari penelitian ini adalah atlet dari beberapa sekolah sepakbola dan Academy yang berada di Kota Tangerang Selatan dengan rentang usia 12-15 tahun yang aktif dalam mengikuti latihan dengan jumlah 100 atlet. Instrumen yang digunakan berupa lembar kuisioner minat dan motivasi berprestasi dan untuk menilai kinerja berolahraga menggunakan tes pengembangan David Lee. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Strultural Equation Model (SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian berdasarkan analisis SEM hipotesis 1 (H1) menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat terhadap kinerja berolahraga. Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis 1 ini adalah nilai sebesar 3.006 dimana nilai ini lebih besar dari 1,96 dan juga nilai p value sebesar 0,003 atau lebih kecil dari 0,05. Hipotesis 2 (H2) menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi terhadap kinerja berolahraga. Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis 2 ini adalah nilai sebesar 3.609 dimana nilai ini lebih besar dari 1,96 dan juga nilai p value sebesar <0,001 atau lebih kecil dari 0,05. Hasil dari penelitian ini berdasarkan data di atas adalah Minat dan motivasi para atlet sepakbola di Kota Tangerang Selatan berada pada keadaan yang baik dan dapat dikatakan para atlet di Kota Tangerang Selatan sudah mempunyai minat dan motivasi yang cukup untuk mencapai tujuannya melalui latihan yang sungguh-sungguh.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nawan Primasoni, M.Or.
Uncontrolled Keywords: minat, motivasi berprestasi, kinerja berolahraga, atlet sepakbola kota Tangerang Selatan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:31
Last Modified: 15 Jan 2024 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79606

Actions (login required)

View Item View Item