Analisis Bibliometrik Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Widianto, Andika (2023) Analisis Bibliometrik Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_andika widianto_19601241048.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bibliometrik ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tren topik penelitian. (2) Jumlah publikasi dan sitasi. (3) Kecenderungan desain penelitian. (4) Penggunaan subjek penelitian. (5) Penggunaan jenis instumen. (6) Penggunaan teknik analisis data. (7) Kecenderungan hasil penelitian pada penelitian tentang pemanfaatan media pembelajaran PJOK selama masa pandemi COVID-19. Penelitian bibliometrik ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan yaitu jurnal artikel berdasarkan database Google Schoolar dan Scopus. Teknik pengumpulan data menggunakan bantuan aplikasi Publish or Pearish (PoP) berdasarkan kata kunci utama “Learning Media”, “Physical Education”, dan “Covid-19”. Ditemukan 65 artikel yang relevan dengan topik penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi Microsoft Office, Mendeley, Vosviewer sebagai media analisis bibliometrik. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat 31 topik yang terbagi menjadi 7 kluster dan 79 garis hubung antar topik. Topik-topik seperti “Virtual Reality”, “New Media Technology”, “Social Media“ merupakan topik terbaru dalam penelitian. Topik-topik seperti “Digital Technology, “Video Media Learning” merupakan topik yang jarang muncul dalam penelitian. (2) Terdapat 65 artikel dengan jumlah sitasi sebanyak 1209 kutipan. (3) Sebanyak 68% penelitian menggunakan desain kuantitatif. (4) Sebanyak 51% penelitian menggunakan siswa sebagai subjek. (5) Sebanyak 77% menggunakan instrument non-tes. (6) Sebanyak 68% menggunakan teknik analisis kuantitatif. (7) Sebanyak 70,8% hasil penelitian menunjukan penggunaan teknologi digital/media daring efektif untuk tujuan proses pembelajaran dan sebanyak 27,7 % hasil penelitian menunjukan penggunaan teknologi digital/media daring kurang efektif untuk tujuan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: analisis bibliometrik, media pembelajaran, pendidikan jasmani, Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:18
Last Modified: 23 Nov 2023 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79605

Actions (login required)

View Item View Item