Meta Analisis Model dan Metode Pembelajaran Aktivitas Renang Pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Tingkat Sekolah Menengah Atas

Pamungkas, Bagas Jati (2023) Meta Analisis Model dan Metode Pembelajaran Aktivitas Renang Pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Tingkat Sekolah Menengah Atas. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bagas jati pamungkas_22601244096.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menelusuri dan menganalisis berbagai model pembelajaran renang dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah menengah atas melalui artikel/jurnal ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal Nasional. 2) menelusuri dan menganalisis berbagai metode pembelajaran aktivitas renang dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah menengah atas melalui artikel/jurnal ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal Nasional Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil penelitian yang berorientasi pada model/metode pembelajaran aktivitas renang dalam Penjas di sekolah menengah atas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi penelitian tentang model-model pembelajaran aktivitas renang di sekolah menengah atas yang tertuang di dalam jurnal-jurnal Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman (dalam Sugiyono 2016:246). Hasil dari data berdasarkan artikel/jurnal yang telah diteliti, didapatkan model dan metode pembelajaran yang meliputi model pembelajaran langsung, metode pembelajaran inklusi, metode pembelajaran drill, model pembelajaran problem base learning, metode pembelajaran komando, metode pembelajaran bermain, model pembelajaran kooperatif, dan metode pembelajaran demonstrasi. Dari data yang diperoleh terlihat bahwa model pembelajaran Kooperatif dan pembelajaran langsung adalah model yang paling banyak digunakan berdasarkan data. Selanjutnya metode yang dominan digunakan adalah metode pembelajaran Resiprokal.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or.
Uncontrolled Keywords: meta analisis, model dan metode pembelajaran, sekolah menengah atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:23
Last Modified: 15 Jan 2024 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79583

Actions (login required)

View Item View Item