Upaya Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Dalam Pembelajaran PJOK Dengan Pendekatan Taktik (TGFU) Pada Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 1 Minggir Sleman

Saputra, Hendrawan (2023) Upaya Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Dalam Pembelajaran PJOK Dengan Pendekatan Taktik (TGFU) Pada Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 1 Minggir Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hendrawan saputra_19601244056.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan passing bawah bola voli dalam pembelajaran PJOK dengan pendekatan taktik Teaching Games for Understanding (TGFU) pada peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Minggir Sleman. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP N 1 Minggir berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research, yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi untuk guru dan peserta didik, dan penilaian hasil belajar dari aspek afektif, kognitf, dan psikomotor. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli dengan menggunakan pendekatan (TGFU) dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran permainan bola voli untuk kelas VIII E SMP Negeri 1 Minggir. Berdasarkan perolehan data hasil observasi peserta didik pada tes afektif, kognitif, dan psikomotor, diperoleh nilai rata-rata kelas 81,59. Perolehan nilai peserta didik menunjukkan adanya peningkatan, terbukti bahwa lebih dari 75% (27 peserta didik) sudah mendapat nilai di atas 75 (KKM). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan passing bawah bola voli peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Minggir sebelum menggunakan pendekatan TGFU dan sesudah menggunakan pendekatan TGFU.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or.
Uncontrolled Keywords: passing bawah, pendekatan, dan TGFU
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Nov 2023 05:19
Last Modified: 21 Nov 2023 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79555

Actions (login required)

View Item View Item