Pengembangan Model Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Berorientasi Keterampilan Kerja untuk Pendidikan Vokasional.

Maryadi, Totok Heru Tri and Soenarto, Soenarto (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Berorientasi Keterampilan Kerja untuk Pendidikan Vokasional. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-totok heru tri maryadi-17702264005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) model pembelajaran pembangkit listrik tenaga hybrid (PLTH) berorientasi keterampilan kerja untuk pendidikan vokasional; (2) perangkat model yang berupa modul pembelajaran; (3) model pembelajaran PLTH yang layak; (4) modul pembelajaran PLTH yang layak; (5) modul pembelajaran PLTH yang baik berdasarkan respon mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Jenjang D4; (6) efektivitas penerapan model pembelajaran PLTH; (7) konsep model pembelajaran PLTH. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dari Robert Maribe Branch, dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis dan perancangan dilakukan evaluasi terhadap hasil analisis dan hasil perancangan oleh ahli dari industri dan dosen. Pada tahap pengembangan dilakukan evaluasi hasil pengembangan oleh 4 ahli materi, dan 5 ahli media melalui focus group discussion. Tahap implementasi dilakukan dengan ujicoba produk dan meminta tanggapan mahasiswa sebagai calon pengguna. Pengumpulan data melalui observasi, dan survei, dengan instrumen lembar observasi, dan angket. Validasi instrumen melalui expert judgement. Validitas isi dihitung dengan indek Aiken. Reliabilitas angket mahasiswa dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Reliabilitas angket penilaian ahli menggunakan koefisien kesepakatan dari Scott. Pengujian efektivitas model dilakukan dengan quasi experiment jenis Non-equivalent Group Design. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data hasil penelitian dilanjutkan dengan membandingkan peningkatan hasil belajar mahasiswa dari aspek kognitif, afektif, psikomotor dan keterampilan kerja pada kelompok eksperimen terhadap kelompok kontrol dengan perhitungan Mann Whitney. Hasil penelitian adalah: (1) Produk model pembelajaran pembangkit listrik tenaga hybrid (PLTH) berorientasi keterampilan kerja untuk pendidikan vokasional yang diberi nama Pro2FS; (2) Produk modul pembelajaran; (3) Kelayakan model pembelajaran PLTH yang dihasilkan mendapatkan penilaian sebesar 92,84% termasuk dalam kategori sangat layak; (4) Kelayakan modul pembelajaran mendapat penilaian dari ahli media sebesar 93,43% termasuk dalam kategori sangat layak; sedangkan menurut ahli materi mendapatkan penilaian sebesar 94,28% termasuk dalam kategori sangat layak; (5) Respon mahasiswa terhadap modul pembelajaran PLTH adalah 80,95% termasuk kategori baik; (6) model pembelajaran pembangkit listrik tenaga hybrid (PLTH) berorientasi keterampilan kerja untuk pendidikan vokasional efektif untuk meningkatkan kompetensi pada aspek kognitif, afektif, psikomotor dan keterampilan kerja; (7) Model Pembelajaran Pro2FS memiliki tahapan pemberian masalah; membuat kelompok, diskusi kelompok; presentasi; impelementasi proyek riil atau dengan simulasi; evaluasi; pelaporan dan penilaian.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran PLTH, Keterampilan Kerja, Pendidikan Vokasional.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:31
Last Modified: 20 Nov 2023 04:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79523

Actions (login required)

View Item View Item