Hubungan Kecerdasan Sosial Terhadap Perkembangan Motorik Anak Era 4.0 di Kabupaten Sleman

Ubaedi, Ubaedi (2023) Hubungan Kecerdasan Sosial Terhadap Perkembangan Motorik Anak Era 4.0 di Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ubaedi_20601244066.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan sosial dan perkembangan motorik adalah dua aspek utama dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Anak-anak yang mempunyai kemampuan kecerdasan sosial yang rendah akan berpengaruh terhadap perkembangan motorik anak. Semakin tinggi tingkat kecerdasan sosial, maka anak cenderung akan memiliki keterampilan motorik yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan sosial terhadap perkembangan motorik anak era 4.0 di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen penelitian yang digunakan untuk meneliti kecerdasan sosial dengan kuesioner dan untuk mengukur perkembangan motorik dengan tes pengukuran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4-6 sekolah dasar di Kabupaten Sleman yang berjumlah 170 anak. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment pada taraf signifikan 5 %. Hasil analisis korelasi pada penelitian di atas diperoleh nilai r hitung sebesar 0,344 > r tabel (0,05)(170) (0,148), dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kecerdasan sosial terhadap perkembangan motorik anak era 4.0 di Kabupaten Sleman, dengan nilai koefisien determinan yang diperoleh sebesar 11,8 %. Faktor kecerdasan sosial yang memengaruhi perkembangan motorik anak era 4.0. 1) Kemampuan berkomunikasi; 2) Kemampuan berinteraksi, interaksi sosial dengan teman sebaya; 3) Rasa empati dan kesadaran sosial; 4) Kemampuan mengikuti aturan; 5) Keterampilan kepemimpinan dan berkolaborasi dimana anak-anak yang memiliki keterampilan kepemimpinan dan kolaborasi yang memungkinkan mereka berperan aktif dalam aktivitas kelompok pada kegiatan yang melibatkan gerakan fisik. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan sosial memberikan sumbangan sebesar 11,8 % terhadap perkembangan motorik anak era 4.0 di Kabupaten Sleman, sisanya sebesar 88,2 % dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ridho Gata Wijaya, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan sosial, perkembangan motorik, era 4.0
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:57
Last Modified: 12 Jan 2024 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79498

Actions (login required)

View Item View Item