Perbedaan Motivasi Siswa Memilih Kelas Khusus Olahraga (KKO) Sepak Bola SMA N 4 Yogyakarta dan SMA N 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2022 & 2023

Abdillah, Imam Habib (2023) Perbedaan Motivasi Siswa Memilih Kelas Khusus Olahraga (KKO) Sepak Bola SMA N 4 Yogyakarta dan SMA N 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2022 & 2023. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_imam habib abdillah_19602241027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui motivasi siswa memilih Kelas Khusus Olahraga (KKO) Sepakbola di SMAN 4 Yogyakarta dan SMAN 1 Sewon Bantul; (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perbedaan motivasi siswa memilih Kelas Khusus Olahraga (KKO) Sepakbola di SMAN 4 Yogyakarta dan SMAN 1 Sewon Bantul; (3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi siswa memilih Kelas Khusus Olaharga (KKO) Sepakbola antara SMAN 4 Yogyakarta dan SMAN 1 Sewon Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Penelitian ini dilakukan di KKO Sepakbola SMAN 4 Yogyakarta dan SMAN 1 Sewon. Populasi pada penelitian ini sebnayak 672 dari SMAN 4 Yogyakarta dan 768 siswa dari SMAN 1 Sewon. Sampel yang digunakan dala penelitian ini adalah 30 siswa SMAN 4 Yogyakarta dan 30 siswa SMAN 1 Sewon kelas KKO Sepakbola dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperloleh menggunakan angket. Instrumen penelitian berupa faktor intrinsik dan ekstrinsik yang terdiri atas beberapa indikator seperti fisik, minat, bakat, cita-cita dan pengalaman untuk faktor intrinsik dan lingkungan, keluarga, sarana dan prasarana, dan guru dan pelatih untuk faktor ekstrinsik. Seluruh instrument tersebut dinyatakan lolos pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini mendapati bahwa: (1) motivasi siswa memilih kelas KKO di SMAN 4 Yogyakarta tergolong kategori sedang dengan presentase 50%, sementara SMAN 1 Sewon Bantul tergolong kategori sangat tinggi dengan presentase 50%, (2) motivasi siswa di SMAN 4 Yogyakarta cenderung dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik dengan presentase 50%, sedangkan motivas siswa SMAN 1 Sewon Bantul cenderung dipengaruhi oleh faktor Intrinsik dengan presentase 56.7% % (3) Berdasarkan hasil pengujian Uji beda diketahui bahwa terdapat perbedaan signifikan pada motivasi siswa memilih kelas KKO sepakbola di SMAN 4 Yogyakarta dan SMAN 1 Sewon Bantul dibuktikan pada hasil uji t yang mendapatka taraf signifikansi 0.000.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Faidillah Kurniawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: KKO, motivasi, olahraga, sepak bola, siswa
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:03
Last Modified: 27 Nov 2023 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79387

Actions (login required)

View Item View Item