Faktor Pendukung Pelaksanaan Pembelajaran Senam Lantai Siswa Kelas VII SMP N 3 Tempel Kabupaten Sleman

Anwar, Nuril (2023) Faktor Pendukung Pelaksanaan Pembelajaran Senam Lantai Siswa Kelas VII SMP N 3 Tempel Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nuril anwar_19601244066.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemanfaatan sarana dan prasarana serta peran keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran olahraga senam lantai yang belum terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran senam lantai pada kelas VII di SMP N 3 Tempel. Teknik penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Tempel. Tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket. Uji validitas instrumen menggunakan teknik Corrected Item Total Correlation dengan taraf signifikan 5% dengan batasan r tabel maka tingkat pendukung secara keseluruhan didapat validitas sebesar 0,304. Sedangkan uji Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cornbach dan didapat reliabilitas sebesar 0,93. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Adapun teknik dalam menganalisis yang dilakukan menggunakan perhitungan ke dalam persentase. Hasil dari penelitian faktor pendukung pembelajaran senam lantai pada siswa kelas VII SMP N 3 Tempel tahun 2023/2024 dengan melihat frekuensi terbanyak pada kategori sedang dengan 30 orang atau 75,00%. Faktor yang mendukung pembelajaran senam lantai pada kategori tinggi dengan frekuensi 6 orang atau 15,00 %, rendah dengan 4 orang atau 10,00%. Faktor yang memiliki frekuensi terbanyak terdapat pada faktor ekstrinsik dengan indikator sekolah dengan frekuensi 29 orang atau 72,50 %. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa hasil dari faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran senam lantai siswa kelas VII SMP N 3 Tempel termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Danang Pujo Broto, M.Or.
Uncontrolled Keywords: faktor pendukung, senam lantai, siswa kelas VII
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Nov 2023 09:03
Last Modified: 23 Nov 2023 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79384

Actions (login required)

View Item View Item