Fazriyah, Izzatul and Aman, Aman (2023) Studi Historis Nilai – Nilai Perjuangan Bung Tomo dan Kontribusinya bagi Pendidikan Karakter. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
disertasi-izzatul fajriyah-16703261039.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap latar belakang kehidupan, peran semasa berjuang mempertahankan NKRI, dan nilai perjuangan Bung Tomo, serta kontribusinya terhadap pendidikan karakter yang ada di Indonesia . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-historis. Objek yang diteliti yakni jejak-jejak historis Bung Tomo yang berisi informasi tentang karakter, perjuangan serta peran Bung Tomo semasa berjuang. Nilai perjuangan serta peran Bung Tomo dianalisis untuk merumuskan nilai-nilai perjuangan dari Bung Tomo. Kemudian, nilai-nilai tersebut ditelaah secara mendalam untuk memberikan gambaran nilai-nilai keteladanan yang esensial, fundamental, serta komprehensif bagi pendidikan karakter di Indonesia melalui pendekatan ilmu sosial. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Sejak kecil Bung Tomo sudah memiliki jiwa pemberani dan kritis terhadap sekitar, serta berani untuk memberikan pendapat di depan umum. Beliau merupakan perwujudan sosok Arek Suroboyo yang sesungguhnya. (2) Perjuangan Bung Tomo dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia tidak hanya melalui perjuangan fisik, akan tetapi berjuang melalui pena juga. Bung Tomo menjadi orator pembakar semangat api perjuangan Arek – Arek Suroboyo, serta menjadi jurnalis yang memberitakan protes – protes terhadap Pemerintah Belanda (3) Walaupun kiprah Bung Tomo di dunia politik tidak cemerlang saat menjadi pejuang, Bung Tomo dikenal sosok politisi yang pro dengan rakyat. Bung Tomo selalu memperjuangkan kesejahteraan rakyat dan mengajak rakyat untuk aktif memberikan pendapat dan aspirasinya. Bung Tomo juga sering memberikan kritik kepada kebijakan Presiden yang dianggap merugikan rakyat (4) Nilai-nilai perjuangan Bung Tomo meliputi nasionalisme, patriotisme, kasih sayang, religius, berani, revolusioner, rela berkorban, bijaksana, integritas, berfikir kritis, dan pantang menyerah. Nilai-nilai ini perlu ditelaah mengingat saat ini, bangsa Indonesia sedang mengalami krisis keteladanan dan krisis identitas. Dengan demikian, nilai-nilai perjuangan Bung Tomo ini dapat berkontribusi dalam pendidikan karakter. Selain itu, dalam pembelajaran sejarah dapat dikembangkan dengan menggunakan model VCT (Value Clarification Technique) sebagai salah satu alternatif model berbasis nilai-nilai perjuangan Bung Tomo.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai – Nilai Perjuangan, Bung Tomo, Pendidikan Karakter |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 02:10 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 02:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79348 |
Actions (login required)
View Item |