Pengembangan Model Pembelajaran Socio- Scientific Issues-Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi.

Sekarsari, Agnesi and Prasetyo, Zuhdan Kun (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Socio- Scientific Issues-Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-agnesi sekarsari putri-20703261023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran socio- scientific issues discovery (SSID) yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik, (2) menghasilkan kepraktisan model tersebut dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi guru dan peserta didik, dan (3) menghasilkan keefektifan model tersebut dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi peserta didik. Penelitian ini merupakan research and development yang mengadopsi prosedur pengembangan Borg & Gall yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) draf produk awal, 4) uji coba draf produk awal, 5) revisi draf produk awal, 6) uji coba produk utama, 7) revisi produk operasional, 8) uji coba produk operasional, 9) revisi produk operasional, dan 10) diseminasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 8 SMP di Kota Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi produk, angket kepraktisan produk, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes keterampilan berpikir kritis, dan lembar observasi keterampilan komunikasi. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran SSID layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik. (2) Model pembelajaran SSID praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik. (3) Model pembelajaran SSID efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Efektivitas produk hasil pengembangan terlihat dengan adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan model pembelajaran SSID dibandingkan pembelajaran yang biasa digunakan gurudi sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, keterampilan, komunikasi, model pembelajaran SSID
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2023 05:34
Last Modified: 01 Nov 2023 05:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79335

Actions (login required)

View Item View Item