Pengembangan Model Permainan Edukatif Berbasis Budaya Riau Untuk mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Disertasi.

Puspita, Yendi and Hanum, Farida (2023) Pengembangan Model Permainan Edukatif Berbasis Budaya Riau Untuk mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Disertasi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-yenda puspita-20703261049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan edukatif berbasis budaya Riau untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini, yang layak, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang menggunakan model desain penelitian dengan 10 langkah Borg dan Gall. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan angket. Data kelayakan model dianalisis menggunakan content validity coefficient dari formula Aiken‘s, paired sample t-test analysis, dan ANOVA untuk menganalisis keefektifan model terhadap variable terikat dan analisis untuk mengetahui perbedaan tiap indikator pada kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) menghasilkan model permainan edukatif berbasis budaya Riau yang didalamnya disisipkan gurindam 12 yang berisi nasehat-nasehat sesuai dengan tuntunan budaya Riau dan syariat Islam kemudian bentuk model permainan merujuk pada lambang budaya atau simbol khas budaya Riau yaitu bentuk perahu lancang kuning. (2) Menghasilkan model permainan edukatif berbasis budaya Riau yang valid memenuhi kriteria layak dilihat dari model, materi, dan media. (3) menghasilkan model permainan edukatif berbasis budaya Riau dinyatakan praktis untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini dilihat dari aspek keterlaksanaan model permainan edukatif berbasis budaya Riau dari 20 orang guru di peroleh nilai P = 92%. (4) Menghasilkan model yang efektif dilihat dari hasil yang signifikan sebelum dilakukan tindakan nilai pretets 46,4% dan sesudah dilakukan tindakan nilai postest 83,5% dengan model permainan edukatif berbasis budaya Riau.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: budaya Riau, kemampuan berpikir kritis, permainan edukatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2023 05:02
Last Modified: 01 Nov 2023 05:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79334

Actions (login required)

View Item View Item